MENYAMBUT INDONESIA, PUSAT FESYEN MUSLIM DUNIA

Selasa (12/11) kemarin, saya dan beberapa teman menghadiri INAGURASI MOFP 2019 (Modest Fashion Project 2019) dan Launching Ii-Motion 2020 di FX Sudirman, bilangan Jakarta Selatan. Jujur ini pertama kali saya menghadiri inagurasi fesyen muslim di Indonesia, sebagai pecinta fesyen, saya sangat senang dan antusias untuk menghadiri MOFP 2019 ini.

Oke, sebelum bercerita pengalaman ku kemarin mari kita ulas dulu ya apa itu MOFP 2019

MOFP 2019  ialah, salah satu program bidang kerja  Direktorar Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka yang bertujuan melahirkan startup di bidang Industri fesyen muslim, yaitu berupa rangkaian kompetisi desain dan konsep bisnis yang dialnjutkan dengan coaching/ pelatihan kepada 20 Finalis terpilih.

"Program ini bertujuan untuk melahirkan wirausaha baru IKM fesyen muslim yang mandiri dan berdaya saing,". ungkap Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih di Jakarta Selatam (12/11).

Inagurasi MOFP 2019 ini merupakan puncak dari rangkaian acara program MOFP yang dilaksanakan selama 5 hari terhitung tanggal 12-16 November 2019 di F1 dan F3 atrium FX SudirmanJakarta Selatan.

II-MOTION 2020
(koleksi pribadi)

Ii-motion sendiri merupakan pameran yang akan menampilkan potret industri terkait dengan halal lifestyle di Indonesia meliputi komiditi fesyen, aksesoris (kacamata, pernah-pernik, tas, sepatu) serta makanan dan minuman dan paltform digital yang mendukung industri halal dan ekonomi syariah.


"Pada kesempatan kali ini, kami (Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian) me-launching program tersebut sebagai langkah awal dari rangkaian kegiatan yang akan dilaksanan hingga pagelaran ii-motion 2020," ungkap Gati Wibawaningsih

Gati mengungkapkan, Industri fesyen merupakan salah satu sektor dari 16 kelompok industri kreatif yang memiliki peran penting dalam perekonomian nasional. Kontribusi yang diberikan oleh sektor industri fesyen terhadap PDB dan devisa negara cukup besar.


Peluang pasar produk fesyen muslim juga mengalami peningkatan. The State of Global Islamic Economic report menyatakan  "konsumsi fesyen muslim di dunia mencapai 270 miliar dolar AS dan pada tahun 2022 mendatang di proyeksikan konsumsi fesyen muslim meningkat menjadi 373 miliar dolar AS"

Sementara untuk pasar nasional fesyen muslim mencapai 20 miliar dolar AS dengan laju perrtumbuhan rata-rata 18,2 persen, besarnya peluang pasar ini tentu harus dimanfaatkan oleh industri fesyen muslim dalam negeri.

Dan inilah fashion show beberapa designer muda terpilih untuk menampilkan karyanya di panggung MOFP2019
(koleksi pribadi)

Selain fashion show, juga ada penampilan dari Mario ginanjar yang menyanyikan beberapa lagu andalannya termasuk lagu untuk mengiringi catwalk model diatas panggung

(koleksi pribadi)

Dan ada pula hiburam tari rancak rebana yang menghibur para undangan di siang hari kemarin.


Tak lupa mengunjungi booth para IKM dibawah naungan Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian yang ada di atrium F3 



Bagaimana, seru kan perjalanan saya kemarin saat menghadiri MOFP 2019 dan launching II-Motion 2020?
acara ini masih berlangsung sampai tanggal 16 November loh. yuk buruan yang mau belanja produk lokal dan mau nonton fashion show, industri fesyen muslim Indonesia langsung datang ke FX Sudirman di atrium F1 dan F3 ya!!



Komentar

  1. Keren, Ondoneaia makin dipandang dunia, karena kreatifitasnya

    BalasHapus
  2. Seru yah acara nya, d tambah ada Mario Ginanjar. Btw, bangga sbg masyarakat Indonesia, kalau industri fashion nya mulai diperhitungkan d kancah dunia.

    BalasHapus
  3. Karya fashion orang Indonesia emang keren-keren. Patut bersaing kok, apalagi modest fashionnya. Makin keren dan makin banyak dipakai sehari-hari.

    BalasHapus
  4. Kereeen banget acaranya, dan ternyata salah satu pemenang dari mofp 2018 adalah anak penjual sarapan anakku

    Ahh, bangga banget deh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ADINDA CRESHEILLA WAKIL INDONESIA YANG MEMUKAU DI AJANG MISS SUPRANATIONAL 2022

Transformasi Jihane Almira dari Aktris jadi Beauty Queen

INDONESIA MASUK KEJAJARAN 10 BESAR DAN MENJADI TUAN RUMAH MISS GRAND INTERNATIONAL 2022