Ulang Tahun Ke 100 RSCM berbagi Ilmu tentang Pentingnya Hidrasi Sehat dengan Konsumsi Air Minum Berkualitas


Sabtu 21/12/2019 lalu, saya menyempatkan hadir di Perayaan Ulang Tahun RSCM ke 100 di Istora Senayan, Jakarta Selatan. Terlihat banyak sekali stand pemeriksaan gratis mulai dari pemeriksaan gula darah, gigi, kehamilan, dan kesehatan lainnya.
selain itu juga ada seminar gratis yang diadakan oleh RSCM salah satunya tentang "Pentingnya Hidrasi Sehat dengan Konsumsi Air Minum Berkualitas Bagi Tubuh". seminar ini diadakan bekerja sama dengan Indonesian Hydration Working Group (IHWG) dan di dukung oleh Danone-AQUA. 


Sadarkah kita kalau Air merupakan bagian dari zat gizi makro yang berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh? ya, kurang lebih 50-60% tubuh manusia tersusun dari air dan berbagai organ seperti ginjal, otak, dan otot mengandung 70-80% air. Mengingat peran air sangatlah penting bagi tubuh manusia, maka hidrasi atau pemenuhan kebutuhan cairan tubuh menjadi hal penting yang harus diperhatikan sebab berpengaruh bagi kesehatan, kebugaran dan kinerja seseorang. Tanpa kita sadari sebenranya kita masih minim informasi mengenai berbagai macam jenis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan manfaatnya, memunculkan banyak kekeliruan di masyarakat akan hal ini.

Dr.dr. Dian Novita Chandra,.M.Gizi, dari Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM, mengatakan "Minum air yang cukup sangatlah penting untuk pengatur suhu, pelarut, pembentuk sel, pelumas sendi dan bantalan organ tubuh, media transportasi zat energi dan sisa metabolisme. Dengan demikian air membantu tubuh menggunakan nutrisi secara lebih efektif.

Selain itu Kementerian Kesehatan merekomendasikan pula untuk kita sabagai manusia memenuhi kebutuhan air delapan gelas sehari. Hal ini diperlukan untuk mencegah dehidrasi atau ketidakseimbangan kebutuhan cairan dalam tubuh yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan baik jangka pendek ataupun jangka panjang.


dr. Dewi Friska, MKK jga sempat menjelaskan Apa itu Hidrasi Sehat dan kapan kita harus minum?
Hidrasi sehat merupakan keadaan air didalam tubuh cukup, cukup disini jumlah cairan yang masuk sama dengan cairan yang keluar.  dan beliau menambahkan, waktu kita harus minum ialah,pertama saat kita berkegiatan minum setiap saat terutama sebelum, saat dan sesudah berkegiatan. kedua saat berkeringat, kita akan berkeringat saat berolahraga atau pada udara yang panas. Pada saat berkeringat itulah cairan tubuh hilang sehingga kita harus minum. ketiga kita tidak harus menunggu haus untuk minum. 

Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG), Dr.dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.Gk mengatakan, "AMDK merupakan produk yang diatur secara ekstensif karena mempunyai peran yang sangat penting dalam kesehatan masyarakat. Dari berbagai jenis air minum yang dipasarkan di Indonesia, hanya 4 jenis Air Minum Dalam Kemasan yang dibahas lebih lanjut dalam acara hari ini yaitu, air mineral, air demineral, air oksigen dan air alkali (Ph Tinggi). 

Air mineral, merupakan AMDK yang paling mudah ditemukan dipasaran, dimana didalamnya mengandung mineral-mineral dalam jumlah tertentu sesuai dengan yang diatur dalam SNI yang berlaku serta terdapat kandungan Natrium, Kalsium, Magnesium, Kalium, Zinc, Florida dan Silica yang dibutuhkan oleh tubuh. dimana diantaranya ada Natrium yang berguna untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit. Magnesium untuk menjaga sistem kardiovaskuler. Kalsium menjaga kesehatan tulang, Kalium untuk sistem saraf dan otot, Zinc untuk pembentukan sel, dan Florida untuk mencegah karies gigi. 
.
Air minum kemasan yang layak dikonsumsi memiliki kemasan atau botol yang bersih, label dan tanggal kadaluwarsa yang jelas, serta kode produksi yang sama pada bagian tutup dan botolnya. "Setelah itu, pastikan air dalam kemasan berkualitas baik, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa sebelum diminum. Dan pastinya tidak mengandung bahan berbahaya," tambah Dr.dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK
..

Nah, kalau untuk AMDK yang baik aku pilih Aqua sejak dulu! kalau kalian??

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ADINDA CRESHEILLA WAKIL INDONESIA YANG MEMUKAU DI AJANG MISS SUPRANATIONAL 2022

Transformasi Jihane Almira dari Aktris jadi Beauty Queen

INDONESIA MASUK KEJAJARAN 10 BESAR DAN MENJADI TUAN RUMAH MISS GRAND INTERNATIONAL 2022