Perjalanan Yulia Dwi Rakhmawati dari PIK hingga Duta Genre Jaksel 2020

   


Berbeda dengan laman blog yang sebelumnya, kali ini saya akan membahas dan merangkum cerita singkat dengan Juara 1 Puteri Duta Genre Jakarta Selatan 2020, Yulia Dwi Rakhmawati seorang remaja 20 tahun yang juga Mahasiswa aktif di Universitas Nasional dan aktif di kegiatan kampus dan berbagai organisasi. 

    Ok, sebelum membahas Yulia sang  Juara 1 Puteri Duta Genre Jaksel 2020, kita akan bahas secara singkat apa sih Program Genre? Program GenRe adalah Program yang dikembangkan oleh BKKBN dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana; berkarir dalam pekerjaan secara terencana; serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi. 

    Dikutip dari, http://www.genreindonesia.com/pusat-informasi-konseling/ Program GenRe sendiri dilaksanakan melalui pendekatan langsung kepada remaja serta orang tua yang memiliki remaja. Pendekatn kepada remaja dilaksanakan melalui pengembangan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) dan pendekatan kepada orang tua yang memiliki remaja dilaksanakan melalui pengembangan Kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR).

Pada saat ini, PIK Remaja berjumlah sekitar 23.579 tersebar di 34 Provinsi yang diharapkan menjadi wadah bagi remaja untuk berkumpul, berbagi cerita, berkreatifitas dan saling tukar informasi. termasuk Yulia yang saat ini masih aktif bergabung di PIK-R Bangka, yang terletas ditengah masyarakat kota administrasi Jakarta Selatan.

Beberapa waktu lalu, saya sempat mengulik cerita singkat seorang Yulia dan bagaimana perjalanannya untuk mencapai ke titik yang sekarang ini. dan sempat mengajukan beberapa pertanyaan, diantaranya:

Bagaimana sih perasaanmu saat diumumkan menjadi Juara 1 Puteri Duta Genre Jaksel 2020

    Sempat berujar, bahwasanya ia tidak menyangka memperoleh predikat Juara 1 Puteri untuk Duta Genre Jaksel 2020, karena selama berkompetisi kali ini ia hanya berusaha melakukan yang terbaik dari dirinya, setidaknya ia tidak mengecewakan orang-orang disekelilingnya atau siapapun yang telah memberikannya dukungan.

Kenapa saat itu kamu memilih bergabung dengan PIK?

    "Bagi gue bergabung dengan PIK bukan semata-mata untuk menjadi duta genre. karena ia bergabung dengan PIK-R Bangka sejak 2019, belajar banyak hal dan ingin mematangkan dirinya sebagai anggota PIK yang siap maju ke Genre nantinya. Apalagi selama ini ia hanya aktif di organisasi lingkungan kampus saja dan tidak turun ke masyarakat. sampai akhirnya ia tau ada organisasi yang bernama PIK yang basicnya dari remaja, oleh remaja untuk remaja dan turut andil untuk turun langsung ke tengah masyarakat."



Bagaimana persiapan kamu menuju Duta Genre Jaksel 2020 saat itu?

    "Persiapannya menuju Pemilihan Duta Genre Jaksel 2020 sangat dipermudah dari para senior dan teman-teman PIK-R bangka sendiri dengan mempersiapkan materi, karena materi PIK dan Genre itu sama dan saling berkaitan , seperti 4 Substansi Genre sampai materi kesehatan reproduksi. di PIK R Bangka gue menganggap layaknya keluarga, Belajar bersama bahkan tidak  ada feel berkompetisi di dalamnya. Jika ada yang kurang maka akan ditambahin, jika ada yang lebih dibagikan ke teman yang lain." ujar Yulia.

Apa saja peran yang sudah kamu lakukan untuk mengedukasi para remaja seputar PIK di era Covid-19 sekarang ini?

    "Peran yang sudah di lakukan selama pandemi ini, mengikuti program yang dibentuk PIK-R Bangka mengadakan live di Instagram 3L  Listen, Learn and enLightened dengan menghadirkan anggota PIK R Bangka sebagai hostnya, dan tentu di isi oleh bintang tamu disetiap sesinya. Saat sesi pertama gue mendapatkan bagian dengan tema Pendewasaan Usia Perkawinan, dan selanjutnya gue bakal ngehost live instagram instagram.com/pikr_bangkajs untuk ka Teliana Juwita, S.Sos (Duta Genre Indonesia 2019). tentu selama pandemi ini program kerja lebih banyak dilakukan secara online karena". Ujar Yulia.


Lalu bagaimana persiapanmu menuju kompetisi tingkat Provinsi?

    Persiapan menuju tingkat provinsi, gue sendiri pasti matengin materi, latihan public speaking, ditambah dengan coaching dengan senior terkait Question and Answer, Grooming, sampai trivia. tentu gak lupa minta do'a restu sama orang tua juga, supaya bisa menampilkan yang terbaik lagi dan tidak mengecewakan. 

    Nah, seperti itulah cerita singkat seorang Yulia Dwi Rakhmawati, sang juara 1 Puteri Duta Genre Jakarta Selatan 2020. cukup menginspirasi ya, bahwasanya ia ingin turut andil menyebarkan informasi dan edukasi kepada remaja melalui program genre itu sendiri. 

Btw kayanya tidak adil ya kalau cuma denger cerita dari juara 1 Puterinya saja, next saya akan ulas cerita dari Juara 1 Puteranya juga deh.. See you again!



Komentar

  1. Baru tahu ada GenRe. Kebetulan anak saya remaja. Ada maksimal usia nggak kalau mau gabung di GenRe? Mau coba ngobrol s ama anak biar dia gabung di GenRe ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pas banget mba... sebelum mengikuti program duta genre si adek harus terdaftar sebagai anggota pik dulu. biasanya pik ada dikalangan masyarakat dan sekolah mba

      Hapus
  2. Tulisan ini berguna banget nih buat adik2 yg mau ikutan Program Genre juga. Biar dapat bayangan program nya seperti apa ya

    BalasHapus
  3. Salut banget sama para Duta Genre ini semoga terus amanah mengemban tugasnya selama menyandang predikat ini dan menjadi kontributor untuk bangsa dan negara Aamiin.
    Semoga semakin banyak yang ikutan program kece ini.
    Selamat buat Yulia. Terima kasih Angga sudah berbagi inspirasi :)

    BalasHapus
  4. Baru tau mba ada organisasi Genre. Saya juga dulu ikut organisasi luar kampus dan belajar sangat banyak. Sepertinya mahasiswa memang sebaiknya tidak hanya aktif di dalam kampus tapi di luar kampus juga yaa

    BalasHapus
  5. MasyaAllah muda dan berprestasi yaah. Semoga benar, bukan hanya ajang memperebutkan gelar juara dan "duta" tapi emang jiwanya untuk mengabdi dan berbagi pengetahuan. Semangat!

    BalasHapus
  6. program ini bagus sekali. Program pendewasaan bagi remaja untuk menikah ini penting banget, karena usia dua puluh ke atas aja blm tentu dewasa sikapnya. semoga anggota seperti mba Yulia ini bisa membawa efek positif mengurangi pernikahan dini yaa.

    BalasHapus
  7. Baca tulisan ini, jadi tambah semangat untuk berkarya dalam hal apapun :) menjadi wanita hebat tentunya

    BalasHapus
  8. Wah inspiratif. Selamat ya Mbak Yulia Dwi Rakhmawati. Semoga bisa maju ke tahap berikutnya dan beroleh kemenangan lagi.

    BalasHapus
  9. Bagus sekali ada pemilihan Duta Genre ini bisa membantu sosialisasi program2 BKKBN dengan Duta yang menarik & comskillnya bagus

    BalasHapus
  10. Program GenRe ini hanya untuk wilayah Bangka saja ya? Bagus banget ya programnya, dan selamat buat neng Yulia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Genre ini biasanya diadakan di setiap kota kak, nah sebelum mengikuti genre harus terdaftar sebagai anggota pik terlebih dahulu, biasanya pik ada dikalangan masyarakat seperti di wilayah bangka, atau di wilayah kampus.

      Hapus
  11. Program ini perlu banget disosialisasikan ke kaum muda. Apalagi sekarang banyak kasus nikah dini karena MBA. Semoga dengan adanya duta GenRe ini menjadikan para remaja lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin, memang tujuannya seperti itu kak dari remaja, oleh remaja untuk remaja

      Hapus
  12. wah keren yaa?
    Dengan event seperti ini program-program pemerintah bisa tersosialisasikan dengan baik
    Kalo ngga salah ada putra/putri bahasa Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup ada banyak ajang sebenrnya untuk anak muda mengembangkan skillnya baik untuk beroganisasi atau berinteraksi dalam suatu organisasi, salah satunya duta genre, duta bahasa, dll

      Hapus
  13. Semoga dengan Duta Genre bisa lebih sosialisasi program-program untuk remaja di Indonesia. Selamat ya untuk Yulia

    BalasHapus
  14. Wah keren banget, mba Yulia. Semoga bisa memotivasi anak-anak muda untuk terus produktif berkarya selagi muda, jangan pikirannya nikah terooos hehehehe

    BalasHapus
  15. Untuk menjadi duta genre seperi ini, ternyata harus melalui serangkaian penilaian ya. Selamat utk Yulia. Semoga apa yg diraih saat ini bisa berguna bagi masyarakat luas

    BalasHapus
  16. Program yang bagus banget nih buat remaja Indonesia. Rangkaian seleksinya pasti ketat ya.. hebat dan salut untuk Yulia yang berhasil jadi pemenang dan bisa berkontribusi untuk bangsa dan negara.

    BalasHapus
  17. Baru tahu kalau ada Duta Genre ini. Awalnya saya kira, "Gender" loh. Tapi, saya salah. Acara kayak gini memang bermanfaat sih buat para remaja agar menyalurkan bakat dan mengukir prestasi.

    BalasHapus
  18. Keren nih Yulia, semoga sukses selalu sebagai duta genre ya. Dan semangat terus ya

    BalasHapus
  19. Kepikiran aja buat bukin konten wawancara puteri genre kayak gini Kak Angga hehe salut.

    Selama ini aku tahu soal Genre tapi ngga tahu kalo adpa pemilihan dutanya. Emang udah saatnya sih soal Genre ini digaungkan lebih masif lagi, salah satunya lewat para duta.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ADINDA CRESHEILLA WAKIL INDONESIA YANG MEMUKAU DI AJANG MISS SUPRANATIONAL 2022

Transformasi Jihane Almira dari Aktris jadi Beauty Queen

INDONESIA MASUK KEJAJARAN 10 BESAR DAN MENJADI TUAN RUMAH MISS GRAND INTERNATIONAL 2022